Rabu, 30 Januari 2013

Ciri - ciri Beras Jenis Mamberamo dan IR 64

Ciri-ciri Beras IR 64


Beras IR 64 atau Setra Ramos adalah beras yang paling banyak beredar di pasaran, karena harganya yang terjangkau dan relatif cocok dengan selera masyarakat perkotaan. Normalnya beras jenis ini pulen jika dimasak menjadi nasi, namun jika telah berumur terlalu lama (lebih dari 3 bulan) maka beras ini menjadi sedikit pera. 
Beras ini memiliki ciri fisik agak panjang / lonjong, tidak bulat. Mempunyai perut ( bercak putih) pada bagian tengah beras.
Perlu diperhatikan bahwasannya beras ini tidak mengeluarkan aroma wangi seperti pandan wangi, namun seringkali pabrik / pedagang beras menambahkan zat kimia pemutih, pelicin dan pewangi pada beras ini. Maka berhati-hatilah jika menemui beras dengan bentuk lonjong, namun mengeluarkan aroma wangi, bisa jadi beras tersebut telah ditambahkan pewangi kimia.

Ciri-ciri Beras Mamberamo


Jenis Mamberamo dikenal dengan kualitas beras High Class, biasa dikonsumsi oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Normalnya beras jenis ini pulen jika dimasak menjadi nasi. Sebenarnya ciri-ciri fisiknya hampir sama dengan beras jenis IR 64, namun agak lebih pendek dan lebih gemuk jika dibandingkan dengan jenis beras IR 64. Untuk warna beras membramo umumnya  lebih bening. Mempunyai perut ( bercak putih) kurang lebih sebesar pucuk lidi pada bagian ujung beras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar